12 Teknologi Abad 21 Yang Pasti Mengubah Duniamu

Perkembangan zaman semakin cepat. Para ilmuwan dan ahli teknologi tiada henti berinovasi. Tidak disangka, hal yang awalnya mustahil sekarang bisa terwujud nyata.

Kamu pasti sudah penasaran apa saja itu. So, let’s go….

1. Printer 4D

Printer ini kemampuannya jelas beda dengan printer 3D. Setiap detail benda yang kamu inginkan bisa diwujudkan oleh printer 4D. Menurut para peneliti, keunggulan printer 4D adalah dapat disesuaikan menurut faktor lingkungan. Mencakup cuaca, tekanan, dan bahkan getaran sekitar.

Bagi kamu pecinta film Mission Impossible pasti sering melihat lenyapnya benda pembawa pesan dalam hitungan waktu. Nah, itulah gambaran hasil 4D. Diharapkan bisa hancur oleh sensitivitas benda, seperti pengaruh lingkungan.

2. Smart TV Lengkung

Masa TV tabung sudah lewat. Flat TV pun akan segera melewati masanya. Kali ini TV dikembangkan ke tehnologi berbasis nano crystal yang bisa memberikan detail warna gambar walaupun di ruang gelap.

Saat ini dibanderol dengan harga kisaran 60 juta rupiah. Mengusung teknologi layar UHD yang memberikan sensasi nyata. Apa yang kamu tonton seakan-akan nyata terjadi di depan matamu. Dengan ukuran layar 88 inchi dan melengkung maka sudut pandang kamu bisa ke segala arah.

Baca juga : Kemudahan dari Gadget Belum Tentu Membuat Hidupmu Sehat

3. Handphone Tipis dan Melengkung

Kamu pasti sering takut kalau handpone kamu jatuh atau rusak saat masuk kantong saku celanamu. Sekarang ini sudah dikembangkan handphone super tipis dan bisa melengkung. Jadi kamu tidak perlu takut lagi.

Teknologi ini baru dikembangkan oleh perusahaan raksasa ponsel negeri ginseng. Tapi tunggu saja, sebentar lagi pasti ramai dijual di pasaran. Mengapa? Selain lebih mudah dibawa-bawa, ponsel tipis dan melengkung ini lebih cepat lajunya saat akses aplikasi.

4. Kamera Dalam Air

Dulu mungkin kameramu sering dibungkus plastik, karena takut kena air dan rusak. Sudah nggak jaman lagi guys. Sekarang dengan adanya teknologi kamera di dalam air, bagi kamu pecinta snorkling tidak perlu was-was bawa kamera kamu ke dalam air.

Kamera tahan air ini bisa bertahan hingga kedalaman 40 meter, dengan kemampuan touch screen yang memperlihatkan gambar yang kamu mau dan bisa menyimpan foto atau video hingga 64GB.

5. Hologram Museum

Era ini, benda yang dipajang di museum negara Amerika sudah menggunakan tehnologi laser tingkat tinggi hingga membentuk hologram tiga dimensi. Sudah seperti film-film box office Hollywood. Canggih.

Mengusung alasan keamanan dan keawetan benda bersejarah. Banyak museum sekarang memberikan sajian hologram untuk tetap memberikan pengetahuan sejarah bagi generasi muda. Benda bersejarah asli diharapkan lebih mampu bertahan lama di ruang penyimpanan untuk generasi-generasi mendatang.

Akankah museum di Indonesia akan mengikuti metode teknologi ini? Let we see.

6. Komputer Hologram

Kamu pasti sering melihat film serial bertema futuristik yang sering memperlihatkan kemampuan komputer hologram. Sebutlah film dan serial televisi besutan Marvel, mulai dari Avenger, Iron Man dan serial TV S.H.I.E.L.D teknologi komputer hologram terlihat sangat mutakhir.

Abad 21, komputer hologram tidak lagi hanya muncul di layar kaca tapi juga di tengah-tengah kamu. Teknologi ini tengah digarap dengan serius oleh para ilmuwan dan peneliti microsoft yang akan mengusung teknologi hololens. Yaitu membawa gambar yang muncul di layar monitor ke dimensi ruang menjadi nyata. Wow banget nggak sih.

Baca juga : Teknologi Semakin Maju Kamu Juga Harus Lebih Maju, 8 Hal Mendasar Ini Wajib Kamu Lakukan

7. Google Glasses

Teknologi kacamata yang berfungsi seperti smartphone. Dikendalikan dengan sistem suara. Sepraktis apapun itu, alangkah lebih baiknya kamu tidak browsing memakai google glass saat mengendarai mobil atau motor. Selain browsing, kamu bisa mengirim pesan pendek, lalu mengambil foto atau merekam video. Saking canggihnya sudah dilengkapi perangkat kamera.

Pada tahun 2015, Amazon, perusahaan dagang elektonik di Amerika mengembangkan Google Glass bernama eyewear. Keunggulan produk ini adalah kamu bisa terkoneksi secara langsung dengan smart tv ataupun tablet kamu. Sehingga di masa depan sumber informasi benar-benar dekat di diri kamu.

8. Mobil Terbang

Mobil ini diberi nama Terrafugia Transition oleh perusahaan mobil Terrafugia di Amerika Serikat. Rencananya akan diluncurkan segera dan dibanderol dengan harga milyaran. Mobil ini dapat melaju di darat dan di udara.

Tapi tidak boleh sembarang orang bisa mengendarainya. Harus mereka yang sudah melalui pelatihan. Bahan bakarnya menggunakan bensin seperti mobil pada umumnya. Bedanya mobil ini semi pesawat. Hingga ringan saat terbang. Wah, kamu pasti serasa naik pesawat pribadi.

9. Lampu Sensor Gerak atau Suara atau Tepuk

Lampu sensor gerak dikembangkan sebagai langkah penghematan daya listrik. Saat kamu berjalan di lorong hotel yang remang-remang lampu-lampu utama akan mengikuti setiap langkah. Secara otomatis lampu akan mati apabila obyek menjauh dari jangkauan sensor.

Kamu juga bisa pakai lampu ini untuk lampu kamar mandi, sehingga tidak perlu menyalakan dan mematikan saklar. Langkah penghematan yang praktis. Penggunaan lampu sensor suara pun mulai dikembangkan.

10. Wisata ke Luar Angkasa

Seorang milyader bernama Charles S pernah melakukankannya di awal tahun 2007 dengan kisaran harga Rp.600 miliar. Hingga saat ini, data menunjukkan hampir 500 orang milyader sudah menjadi klien dari Space Adventure. Sebuah perusahaan yang bergerak di pariwisata ke stasiun luar angkasa internasional.

Persiapan apa saja yang harus kamu lakukan? Kamu harus mengikuti pelatihan bagaimana hidup di luar angkasa, lalu kamu harus mengikuti kursus bahasa Rusia dan menjalani pemeriksaan kesehatan terus-menerus. Setelah pelatihan selama 6 bulan selesai kamu akan dibawa jalan-jalan ke luar angkasa. Tertarik?

11. Pesawat Siluman

Satu lagi kemajuan teknologi militer. Pesawat ini digunakan untuk mengintai daerah lawan tanpa terdeteksi dan melancarkan serangan tiba-tiba. Rancangan ini dilengkapi anti radar dan bisa bergerak ke segala arah.

Baca juga : Tips Meningkatkan Kemampuan Otak dengan Smartphone

Kemampuan lainnya adalah membelokkan suar panas hingga pendeteksi gerakan turbulensi. Pesawat militer ini tentunya akan berguna bila berada di pihak yang benar, apabila berada di pihak yang salah tentunya akan memakan banyak korban jiwa. Kemunculan pesawat siluman ini benar-benar tidak terdeteksi guys.

12. Jam Tangan Pintar

Perusahaan elektronik besar asal Jepang dan Korea Selatan berlomba-lomba berinovasi dengan jam tangan pintar. Model Gear 2 buatan Korea Selatan mempunyai aplikasi seperti smartphone. Keunggulan model terbaru terdapat pada cara mengaktifkan aplikasi.

Model Gear generasi awal memberikan cara pengaktifkan dengan memencet tombol samping. Sedangkan Gear S2 terbaru menggunakan perangkat tambahan di luar lingkaran jam untuk memutar menu aplikasi, sehingga dengan mudah terkoneksikan dengan perangkat ponselmu. It’s done. Jam tanganmu sudah terkoneksi dengan ponsel androidmu.

Kamu pasti terpesona dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada. Sesuatu yang dulu tampaknya mustahi sekarang sudah terwujud. Tinggal bagaimana kamu akan memanfaatkan teknologi yang ada tersebut untuk mengembangkan kreativitasmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like