Teknologi Bagi Guru Agar Pembelajaran Lebih Efektif dan Mengasyikan

Metode pembelajaran yang monoton berupa kuliah mimbar akan sangat membosankan, bukan?

Padahal sekarang ini merupakan zaman serba canggih, seharusnya kamu yang berkecimpung dalam dunia pendidikan sudah bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Selain itu, penggunaan teknologi juga mempunyai manfaat untuk mengurangi penggunaan kertas, yang artinya juga sebagai langkah kecil untuk menjaga lingkungan.

Berbagai perangkat teknologi seperti telepon pintar dan komputer sudah tersedia, nah sekarang yang kamu perlukan adalah aplikasi untuk mendukung pembelajaran yang interaktif.

Berikut ini aplikasi canggih yang dijamin bakal membuat murid punya semangat belajar yang tinggi karena metode pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi:

1. Sebelum memulai mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, kamu harus perkuat dulu alasan mengapa kamu harus menggunakan teknologi untuk mengajar.

Mulanya mungkin kamu masih ragu untuk menggunakan perangkat teknologi dalam pembelajaran. Entah ragu karena fasilitas yang belum memadai atau ragu akan kesuksesan penerapan teknologi itu.

Tapi coba tenang aja dulu, berikut beberapa alasan seorang guru harus menggunakan teknologi sebagai salah satu metode pembelajarannya:

  • Percaya deh, murid suka menggunakan teknologi. Daripada murid menghabiskan waktu berjam-jam asyik dengan smartphone, lebih baik suguhkan pembelajaran yang berkolaborasi dengan teknologi.
  • Teknologi menjadikan pembelajaran yang lebih nyata dan mudah menjadi mungkin. Banyak perangkat teknologi atau situs internet yang memungkinkan murid untuk melihat real life untuk menjadi bahan pembelajarannya.
  • Terakhir, kamu jangan pernah khawatir jika menggunakan teknologi, maka kamu sebagai guru akan tergantikan perannya. Justru, tanpa teknologi kamu akan tergantikan oleh guru yang menggunakan teknologi.

Baca juga : Berapa Lama Balita Tidur Dalam Sehari?

2. Murid bosan membaca buku fisik? Suguhkan bacaan digital yang lebih atraktif.

Memang buku fisik tidak bisa tergantikan, namun sesekali berikanlah murid refrensi bacaan melalui situs yang menyediakan bacaan yang sangat atraktif.

Selain membuat murid mendapat bacaan yang lebih variatif, membaca melalui situs digital pun dapat mengajarkan murid untuk mengurangi penggunaan kertas.

Kamu tidak usah khawatir, sudah banyak website bacaan digital yang menyediakan secara gratis kok, semisal:

ReadWorks, situs ini menyediakan layanan gratis untuk mengasah kemampuan membaca anak. Program belajar di situs ini dirancang sangat komprehensif dan berdasarkan level kelas anak, mulai dari anak usia lima tahun.

Hanya dengan mendaftar menggunakan alamat email, kamu sudah bisa mengakses situs ini dan mendapatkan program pembelajaran seperti pengenalan karakter, fakta dan opini. Lalu penambahan kosa kata, hingga level yang tertinggi ialah pembelajaran tentang unsur intrinsik dari novel.

Scholastic adalah laman yang secara lengkap menyediakan materi pembelajaran bagi anak-anak. Laman ini akan sangat membantu guru atau orangtua.

Semua materi pembelajaran disesuaikan sesuai kelas anak. Selain itu, situs ini pun menyediakan bacaan gratis seperti buku dan informasi tentang penulisnya.

Kamu sebagai orangtua atau guru juga bisa menyediakan bacaan edukatif lain di website berita yang dikhususkan untuk anak-anak misalnya National Geographic Kids.

3. Semua orang tahu dengan games, pembelajaran jadi lebih seru. Bagaimana jika games edukatif juga menggunakan teknologi?

Games apa yang digunakan guru untuk metode pembelajaran selama ini? Pasti hanya berupa games konvensional kan, bagaimana jika games di kelas menggunakan teknologi?

Baca juga : Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

Kenapa tidak, dengan teknologi semua menjadi mungkin. Laman yang akan membantu guru atau orangtua untuk menghadirkan games dalam pembelajaran misalnya, www.education.com dan www.nickjr.com.

Tidak hanya dari website, kamu pun dapat menggunakan aplikasi edukatif untuk menggugah minat belajar anak.

Aplikasi games tersebut misalnya Spell Tower, sebuah games yang menstimulasi anak untuk belajar membaca lebih cepat. Spell Tower mempunyai berbagai level, anak-anak dapat memulai dengan mode no-pressure.

Aplikasi Spell Tower ini dapat diunduh gratis dan dapat digunakan di perangkat berbasis iOS ataupun Android.

Untuk belajar berhitung games yang dapat kamu gunakan Eggy Numbers to 100 atau Everyday Mathematics, dua aplikasi terakhir ini dapat diunduh melalui iTunes dan berbayar.

4. Jangan biasakan anak untuk mengakses video atau aplikasi tanpa makna. Perkenalkan video dan aplikasi yang membantu proses belajar anak.

Hati-hati jika anak sedari dini sudah keranjingan gadget, apalagi hanya mengakses video atau aplikasi yang kurang edukatif.

Nah, kamu sebagai guru atau orangtua harus mulai mengarahkan anak untuk mengakses video atau aplikasi yang berguna bagi proses belajarnya.

Salah satunya dengan YouTube channels yang mengandung unsur pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) dan kamu juga dapat mengakses misalnya: Vi Hart, Babble Dabble Do, TinkerLab, TedEd, It’s Okay to Be Smart, Scishow Kids, Sick Science.

Baca juga : Konsep Keluarga Yang Sakinah

Sementara itu, ada pula aplikasi edukatif gratis yang dapat guru atau orangtua gunakan untuk mengajari anaknya seperti:

Perangkat berbasis Android: 50 Languages, Hooked on Phonics, Dictionary.com, Flashcards, iStorybooks, Practice English Grammar-1, Duolingo, Kids Numbers and Math, NASA, 3D Brain, dan Math Formulary.

Perangkat berbasis iOS: ABC Ninjas, Spelling Magic 3, Pinkfong! Kids Songs-Stories, Splash Math, Rocket Math, Animal Fun, dan Science 360.

5. Jika sudah mencoba berbagai fasilitas teknologi untuk mengajar, kamu sebagai guru atau orangtua ada baiknya menambah pengetahuan dengan menyaksikan video motivasi.

Kamu jangan merasa hebat dulu karena telah berhasil mengintegrasikan teknologi sebagai media pembelajaran. Kamu sebagai orangtua atau guru juga harus memperkaya wawasan tentang mengajar.

Tidak hanya untuk mengetahui berbagai hal tentang mengajar, guru dan orangtua pun harus memperkuat motivasi dalam hidup untuk meningkatkan kesuksesan mengajar.

Bagaimana caranya? Ya, tentu saja dengan memanfaatkan teknologi. Kamu dapat mengakses kanal YouTube dan mencari video dengan judul berikut:

Why Do We Fall?”, sebuah video yang dibuat untuk mempertanyakan kembali arti kesuksesan pada level tertinggi.

How Schools Kill Creativity”, adalah video pada kanal TedEd yang menampilkan pidato Ken Robinson yang menjelaskan perlunya kreativitas pengasuhan dalam kelas. Karena faktanya, ternyata pembelajaran di kelas jauh dari kreativitas.

Teach Teachers how to Create Magic” sebuah video TedEd yang berisi pidato Christopher Emdin untuk para guru.

Math Class Needs A Makeover” masih video di kanal YouTube TedEd yang menunjukkan pidato Dan Meyer agar para guru matematika lebih kreatif dalam menyampaikan pembelajaran.

6. Ini juga harus dimiliki seorang guru, aplikasi pegangan yang mempermudah proses belajar.

Nah, setelah kamu mencoba berbagai aplikasi dan games yang membuat pembelajaran lebih atraktif, kamu pun sebagai guru harus punya pegangan aplikasi tersendiri yang akan mempermudah kinerja kamu.

Apa kira-kira aplikasi penting yang harus dimiliki seorang guru?

Untuk kamu yang menggunakan iOS atau Android dapat mengunduh aplikasi ini:

Book Leveler App, sebuah aplikasi yang membantu kamu menemukan buku yang tepat untuk murid kamu. Cukup dengan scan barcode buku dan kamu akan mengetahui teks dalam buku tersebut cocok untuk anak kelas berapa.

WordPress, aplikasi yang harus kamu punya untuk memudahkan berkomunikasi dengan murid kamu. Kamu pun dapat memperbarui tugas dan materi dengan cepat.

ShowMe, whiteboard virtual yang memungkinkan murid untuk mengekspresikan idenya atau menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Selain itu, aplikasi ini juga menyimpan data, sehingga murid yang absen dapat tetap mengakses pembelajaran secara lengkap.

Teknologi ada untuk mempermudah segala urusan manusia, termasuk untuk mendidik.

Tertantang untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like