Tips Membuat Anak Doyan Sayur dan Buah

Anak yang sehat juga cerdas memang dambaan setiap orangtua. Sebagai orang tua, Anda tentu akan mengusahakan berbagai macam cara untuk membuat anak bertumbuh dengan baik dan seimbang. Salah satunya adalah dengan mengontrol asupan gizi anak dengan memberi makanan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun terkadang niat baik tersebut tidak serta membuat anak menjadi semangat untuk makan malah anak menjadi malas, bosan bahkan tidak mau makan lagi.

Nah, jangan menyerah bunda dan ayah. Anak sebenarnya sama halnya dengan orang dewasa yaitu suka dengan makanan-makanan yang memanjakan lidah. Tidak jarang juga orang dewasa yang enggan makan sayur atau buah. Anda juga harus memahami juga jika masalah tersebut juga terjadi pada anak-anak. Dengan memahami masalah tersebut, Anda lebih mudah juga memahami apa yang diinginkan anak.

Dengan tips berikut, Anda bisa memilih dan menerapkan beberapa cara yang cocok dengan anak Anda agar doyan makan sayur dan buah.

1. Berikan Contoh

Anak sejatinya adalah replika orang tua. Pada masa-masa perkembangan tersebut, anak banyak menyerap banyak hal dari luar, termasuk dari orang tua. Mulai dari kebiasaan, proses belajar, cara pandang hingga banyak hal lain. Sebagai orang tua Anda harus selalu mencontohkan hal yang baik.

Baca juga : Aneka Khasiat Sayur Bayam Bagi Kesehatan

Jika Anda menginginkan anak makan sayur dan buah, perlihatkanlah dan terapkanlah bagi Anda sendiri untuk selalu makan sayur dan buah. Dengan demikian, anak Anda mudah meniru dan mempraktekkan makan sayur dan buah.

2. Berkreasi dengan Bentuk Makanan

Anak-anak biasanya lebih senang dengan hal-hal yang berwarna dan berbentuk menarik seperti bunga, hewan atau tokoh kartun. Oleh karena itu Anda bisa membuat makanan lebih menarik dengan membuat makanan sesuai bentuk-bentuk tersebut. Anda bisa mencampur beberapa sayuran yang berwarna terang untuk membuat makanan semakin menarik.

Banyak sekali tutorial kreativitas pembuatan makanan yang bisa Anda download sebagai referensi. Salah satunya adalah bento, suatu bentuk seni makanan dari Jepang yang saat ini marak digunakan karena banyak manfaatnya. Salah satunya adalah membuat anak menjadi doyan makan sayur dan buah.

3. Cobalah Resep Baru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa anak sebenarnya adalah replika dewasa. Sehingga mereka juga lebih memilih makanan yang kaya rasa dan enak. Terkadang sayuran yang dimasak untuk anak-anak lembek atau tidak matang. Anak-anak juga akan cenderung menolaknya.

Usahakan mencari beberapa referensi resep baru yang enak dan disukai anak-anak namun tetap tidak mengurangi kadar gizi yang dikandungnya. Misalnya Anda bisa membuat sayuran seperti jagung, brokoli dan lainnya kemudian mencampurnya dengan coklat dan mayonese. Anak Anda mungkin akan tertarik dengan variasi rasa yang diberikan dan tetap mendapatkan gizi yang seimbang.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Balita Susah Makan

4. Sediakan Buah-Buahan Dekat dengan Lokasi Anak Beraktivitas

Anak tidak akan tahu kapan ia lapar atau haus. Biasanya mereka hanya terfokus pada aktivitas yang mereka jalani. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat anak terlena dan akhirnya doyan makan sayur dan buah.

Anda bisa menyediakan sayur dan buah di sekitar area aktivitasnya. Namun usahakan tetap dalam tempat yang aman, bersih dan higienis. Dengan demikian, jika anak merasa lapar, kapan saja dia bisa mengambil sayur dan buah sebagai makanan yang terdekat dengannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like