Tips Berhenti Merokok dengan Mudah

Merokok merupakan hal yang sudah biasa kita jumpai di mana saja. Perokok sudah menjalar dari yang tua sampai yang muda bahkan anak-anak remaja sekarang juga banyak yang melakukannya sampai anak kecil pun ada.

Tentu menurut ilmu kedokteran juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Barmacam-macam penyakit yang akan masuk dalam tubuh kita karena zat-zat yang terkandung dalam rokok itu sendiri. Zat adiktif, nikotin, tar dan sebagainya yang dapat menimbulkan perokok itu merasa ketagihan dan terus menerus mengkonsumnya. Dan rasa ketagihan itulah yang paling susah dihilangkan, sehingga begitu susah untuk menghilangkan kebiasaan merokok itu.

Akan tetapi setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Begitu juga halnya rasa ketagihan atau ingin berhenti merokok itu pasti ada jalan keluarnya. Nah bagi Anda yang menginginkan hal itu berikut beberapa cara diantaranya.

1. Yang Paling Utama adalah Keinginan/Kemauan Keras.

Dalam artian jangan mempunyai kemampuan tetapi tidak ada keinginan yang benar-benar ingin atau tidak ada usaha untuk merealisasikan keinginan itu sendiri.

Baca juga : Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anak

2. Publikasikan ke Keluarga Ataupun Teman.

Biarkan keluarga atau teman Anda mengetahui kalau Anda ingin berhenti merokok agar Anda mendapat dukungan dari mereka. Selainn itu mereka dapat mengingatkan Anda untuk berhenti merokok. Mintalah kepada mereka agar tidak merokok di depan Anda.

3. Hindari Kebiasaan yang Dapat Membuat Anda Merokok.

Hindari semua alasan yang dapat membuat Anda merokok seperti minum alkohol, kopi, acara malam, berdebat, santai-santai, dan sebagainya. Juga hindari kebiasan Anda yang dikombinasikan dengan merokok seperti nonton televisi ataupun berselancar di internet, mengobrol, dan sejenisnya.

4. Carilah Kesibukan.

Carilah kesibukan sebagai pengganti merokok dan hal ini sebaiknya dimulai dari awal awal Anda memulai berhenti merokok. Cari kesibukan yang Anda sukai, cobalah untuk mengalihkan keinginan merokok dengan kegiatan yang olahraga misalnya bersepeda, berenang atau berjalan-jalan.

5. Tidurlah Lebih Banyak.

Tidurlah lebih banyak karena pada saat itulah Anda tidak terpikir untuk merokok. Selain itu di saat Anda berusaha berhenti merokok tentu badan akan sangat lelah. Menurut saya cara inilah yang paling tepat.

6. Minum Lebih Banyak Air.

Kandungan nutrisi dalam air dapat menetralisir zat-zat rokok yang sudah masuk dalam tubuh kita, maka dari itu tambah konsumsi air putih lebih banyak.

7. Hindari Godaan Merokok Setelah Makan.

Kebanyakan perokok setelah makan, tidak ketinggalan untuk merokok. Lebih baik setelah makan Anda sikat gigi menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Hindari godaan ini karena godaan inilah yang paling sering terjadi dalam kebiasaan merokok Anda.

8. Berpikir positif

Janganlah sekali kali Anda berpikiran berhenti merokok itu adalah sebuah pengorbanan.

Baca juga : 8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Sudah tahu kan apa saja bahaya dari merokok? Masihkah Anda berfikir untuk tetap merokok setiap hari. Sayangi diri Anda, sayangi keluarga Anda dan sayangi orang terdekat Anda. Mungkin bagi pecandu rokok akan sedikit kesulitan jika berhenti merokok secara langsung, tetapi Anda bisa melakukannya dengan berbagai tahap.

Semoga sukses tercapai keinginan Anda untuk tidak merokok lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Usia Berapa Bayi Boleh Dipijat?

Memberikan manfaat pijatan kepada bayi untuk merangsang hormon, membantu tumbuh kembang bayi, serta memberikan kedekatan kepada ibu, ayah…