Tips Jalan Jalan Ke Solo

Jalan-jalan ke Solo atau berwisata ke Solo, beberapa tahun belakangan ini semakin banyak diminati baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Minat para wisatawan terhadap kota Solo bukan tanpa alasan.

Selain daya tarik kota Solo itu sendiri yang memang sudah dikenal sebagai kota budaya, faktor presiden Republik Indonesia saat ini yang berasal dari Solo juga turut menjadi magnet bagi mereka yang ingin mengenal lebih dekat kota yang juga sering disebut dengan Surakarta tersebut.

Setiap daerah memiliki ciri khas dan juga budayanya masing-masing. Begitu juga dengan kota Solo. Namun kota Solo memang tidak jauh berbeda dengan kota Yogyakarta yang boleh dikatakan sebagai saudara dekatnya.

Jalan-jalan di kota Solo sangat menyenangkan terlebih kota ini cukup tenang, berpenduduk ramah dan fasilitas serta akomodasinya sangat murah.

Baca juga : Daftar 5 Tempat Wisata Populer di Bandung

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Solo, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan referensi sebelum menginjakkan kaki di kota Surakarta.

1. Pilih Tujuan Wisata

Setiap orang memiliki gaya berwisata sendiri-sendiri sesuai dengan minat, budget dan juga waktunya. Kota Surakarta atau Solo menawarkan banyak tujuan wisata yang didominasi oleh wisata budaya.

Selain itu, memang terdapat beberapa wisata alam yang juga tidak kalah eksotiknya dengan beberapa tempat wisata lainnya. Di antara tujuan wisata saat berada di Solo yang paling populer dan banyak diminati oleh turis antara lain sebagai berikut.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton yang dibangun pada tahun 1744 oleh Sunan Pakubuwono ke 2 merupakan tujuan wisata yang wajib Anda kunjungi. Namun perlu Anda tahu bahwa saat Anda berkunjung ke keraton, ada aturan-aturan tertentu yang harus Anda ikuti terutama soal sopan santun.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Setelah Anda berkunjung ke keraton, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke museum batik Danar Hadi Solo di mana Anda bisa menjumpai berbagai hal menarik yang berkaitan dengan batik nusantara.

Anda bisa berkenalan dengan sejarah batik yang panjang serta mengenal budaya yang ada di Solo termasuk juga budaya kesultanan dari kain-kain yang pernah digunakan.

Selain dua tujuan wisata di atas, beberapa tujuan wisata yang juga populer antara lain Ngarsopuro Solo yang merupakan salah satu tempat nongkrong pemuda-pemuda Solo, kemudian ada juga Ngarsopuro Night Market Solo yang secara rutin di buka pada hari sabtu dan juga hari minggu. Di sana Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas Solo, Anda bisa berburu souvenir dan batik hingga menikmati suasana malam di Solo.

Anda juga mungkin tidak ingin melewatkan Pasar Klewer yang merupakan salah satu pusat tekstil paling besar dan paling terkenal yang ada di kota Solo.

Baca juga : 7 Pantai Paling Indah di Bali

2. Lokasi Hotel

Setelah Anda menentukan ke mana tujuan Anda saat berada di Solo, selanjutnya Anda bisa menentukan di mana Anda akan menginap. Hotel di Solo cenderung murah dan berlokasi di tempat yang strategis.

Beberapa hotel menarik di kota Solo yang bisa Anda jadikan sebagai tempat menginap antara lain:

Daftar Hotel bintang 2 di Solo
• Fave Hotel Adisucipto Solo, Jalan Adisucipto No 60 Solo

Daftar Hotel bintang 3 di Solo
• Lampion Hotel Solo, Jalan Dr Rajiman No 289, Solo.
• Riyadi Palace Hotel, Jalan Slamet Riyadi 335, Solo

Daftar Hotel bintang 4 di Solo
• Aston Solo Hotel, Jalan Brigjen Slamet Riyadi No 373, Solo
• The Sunan Hotel Solo, Jalan Ahmad Yani 40, Solo

Daftar Hotel bintang 5 di Solo
• The Royal Surakarta Heritage, Jalan Slamet Riyadi Nomor 06, Solo
• Kusuma Sahid Prince Hotel, Jalan Sugiyopranoto 20, Solo

3. Transportasi

Untuk transportasi, ada banyak pilihan di kota Solo mulai dari becak, angkutan umum, taksi dan juga bus kota. Bagi Anda yang ingin pergi ke berbagai tempat, Anda bisa menggunakan angkutan kota. Namun apabila Anda ingin ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh, maka becak merupakan pilihan tepat.

Baca juga : Daftar 5 Tempat Wisata Populer di Jogja

4. Kuliner

Solo memiliki banyak kuliner menarik yang cukup terkenal dan banyak diminati oleh wisatawan, antara lain, nasi liwet, nasi timlo, nasi gudeg, bakso Solo, tengkleng, dan juga bakpia. Selain itu, masih banyak makanan khas kota Solo yang juga patut Anda coba. Hampir di setiap sudut kota Solo terdapat warung makan yang bisa Anda singgahi untuk mengisi perut. Soal harga jangan khawatir, di kota Solo makanan cukup murah.

5. Pandai Menawar

Nah.. tips jalan-jalan ke Solo yang terakhir ini sebenarnya berlaku untuk jalan-jalan ke mana saja. Jika Anda baru datang ke Solo, dan ingin membeli sesuatu, pandai-pandailah menawar, terlebih Anda berada di pasar tradisional. Dijamin, jalan-jalan akan semakin asyik dengan segebok cidera mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Pilihan Hotel Bintang 4 di Bandung

Berkunjung ke kota Bandung untuk berwisata, berbisnis atau untuk berbelanja merupakan hal yang sangat menyenangkan terlebih kota ini…

Tips Wisata Murah Ke Bali

Bali selalu masuk ke dalam daftar wisata yang paling sering dikunjungi. Dan tidak sedikit dari mereka yang sudah…