Tips Menghilangkan Bau Ketiak Dengan Ramuan Tradisional

Bau pada tubuh membuat kita tidak percaya diri berada di dekat orang lain, apalagi bau ketiak. Aktivitas kita sehari-hari membuat tubuh kita menghasilkan keringat. Keringat berfungsi mengatur temperatur suhu tubuh sehingga tubuh kita tidak merasa kepanasan saat melakukan aktivitas. Keringat juga bermanfaat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh.

Asal Anda tahu keringat juga dapat mengencangkan kulit. Berkeringat memang sangat bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi keringat juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap khususnya pada ketiak, karena keringat mengandung air, garam serta sisa-sisa cairan dalam tubuh.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bau ketiak diantaranya :

  • Kurangnya kebersihan tubuh.
  • Pemakaian deodorant dengan kadar alkohol tinggi.
  • Mandi kurang bersih.
  • Rambut ketiak yang dibiarkan tumbuh memanjang.
  • Tidak mengganti pakaian saat keringat keluar banyak.
  • Bahan pakaian yang digunakan. Bahan pakaian yang menyerap keringat dengan baik yaitu bahan pakaian yang terbuat dari katun.

Baca juga : Efektivitas Perawatan Wajah Tradisional

Beberapa tips menghilangkan bau ketiak yaitu antara lain:

Temulawak

Temulawak dapat mengatasi bau pada ketiak karena temulawak mengandung flavonoid, minyak asiri, dan zat saponin.

Tips menghilangkan bau ketiak dengan temulawak yaitu potong-potong temulawak lalu rebus hingga mendidih, dinginkan. Kemudian minum air rebusan tersebut setiap hari.

Daun Sirih

Siapkan beberapa lembar daun sirih. Rendam menggunakan air panas, kemudian air tersebut di oleskan ke ketiak. Cara lain yaitu tumbuk daun sirih yang telah di campur dengan kapur sirih, oleskan pada ketiak secara merata.

Jeruk Purut

Tips menghilangkan bau ketiak dengan jeruk purut ini dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan bau ketiak karena mengandung minyak asiri.

Campurkan kulit jeruk purut, kencur, dan air secukupnya kemudian haluskan. Minum sari dari ketiga bahan tersebut yang telah di haluskan.

Baking Soda

Bahan yang biasanya digunakan untuk mengembangkan kue ini ternyata memiliki fungsi lain, yaitu untuk mengatasi bau ketiak. Caranya dengan memakai baking soda pada ketiak.

Daun Kemangi

Tips menghilangkan bau ketiak menggunakan daun kemangi bisa dilakukan dengan membuatnya sebagai masker, selain dimakan sebagai lalapan.

Jahe

Mengkonsumsi jahe secara teratur dapat mencegah bau ketiak.

Daun Beluntas

Tanaman pagar yang satu ini ternyata dapat menghilangkan bau ketiak. Rasa daun beluntas memang tidak enak, akan tetapi jika kita pintar-pintar mengolahnya, daun beluntas dapat menjadi makanan yang lezat serta dapat menghilangkan bau ketiak.

Selain bau ketiak, daun beluntas juga dapat menghilangkan bau mulut.

Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang mengandung flavonoid, saponin, serta polifenol yang dapat membasmi bau ketiak. Bunga kecombrang dapat di buat berbagai masakan seperti sambal kecombrang, dan sayur lodeh.

Cuka

Cuka juga dapat menghilangkan bau ketiak. Caranya oleskan cuka pada ketiak menggunakan kapas.

Tawas

Tips menghilangkan bau ketiak ini sering juga dilakukan. Caranya yaitu saat mandi, gunakan tawas untuk membersihkan daerah sekitar ketiak.

Baca juga : Mengetahui Penyebab Kegagalan Diet dan Cara Diet yang Sehat

Selain tips menghilangkan bau ketiak di atas, ada tips lain untuk menghilangkan bau ketiak. Cara itu antara lain mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat, agar kulit bisa bernapas.

Sedangkan menggunakan pakaian yang berbahan dasar katun juga sangat disarankan, karena dapat menyerap keringat. Disarankan menghindari mengenakan pakaian yang terbuat dari sutera karena bahan ini tidak bisa menyerap keringat dengan baik.

Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan juga dapat menghindarkan kita dari bau ketiak yang tidak sedap. Selain itu, hindari makanan yang dapat memicu bau ketiak seperti jengkol, pete, dan kambing.

Mandilah secara teratur dua kali dengan benar, dan gosoklah area ketiak menggunakan waslap untuk menghilangkan baunya. Mencabuti bulu pada ketiak juga dapat mengurangi bau ketiak.

Selamat mencoba tips menghilangkan dan mencegah bau ketiak di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like