Tips Merawat Gigi dan Mulut yang Benar

Jika Anda disuruh memilih orang yang sering tersenyum dengan orang yang sering muram pasti Anda memilih orang yang sering tersenyum. Ya memang senyuman merupakan salah satu daya tarik bagi setiap orang, dengan tersenyum membuat aura di wajah terlihat lebih positif dibandingkan dengan orang yang sering muram.

Dan saat seseorang tersenyum bagian yang akan terlihat yaitu gigi, maka dari itu menambah keindahan senyuman alangkah baiknya jika gigi kita di rawat dengan baik supaya gigi terlihat putih, bersih dan tidak berlubang.

Salah satu cara yang sering yang dilakukan banyak orang untuk merawat gigi yaitu menyikat gigi setiap hari. Namun untuk hasil yang maksimal agar gigi Anda bersih dan terlihat menarik ada tips khusus yang bisa Anda kerjakan di rumah. Berikut ini tips merawat gigi dan mulut yang benar yang dapat Anda lakukan di rumah.

Menyikat Gigi dengan Benar

Maksud menggosok atau menyikat gigi dengan benar yaitu jangan menyikat gigi dengan tekanan yang keras. Mungkin ada dari Anda yang berpikir bila menyikat gigi dengan menekan akan membuat gigi bersih atau mengangkat kotoran pada gigi padahal pemikiran seperti itu salah.

Baca juga : Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit

Cara menyikat yang benar yaitu dengan menekan sikat gigi dengan tekanan yang ringan agar gusi dan gigi Anda tidak terluka dan usahakan gunakan sikat gigi yang mempunyai bulu yang lembut.

Perhatikan Waktu Menyikat Gigi

Waktu yang sangat tepat untuk menyikat gigi di pagi hari adalah sesudah sarapan. Namun pada umumnya orang menyikat gigi di pagi hari setelah bangun tidur padahal waktu yang sangat dianjurkan untuk menyikat gigi dipagi hari yakni sesudah Anda sarapan.

Dan waktu yang sangat pas menyikat gigi di malam hari yaitu saat Anda mau tidur, sebab saat tidur gigi Anda tidak memproduksi ludah.

Mengerok Lidah

Mengerok lidah merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat mulut Anda. Pada umumnya untuk membersihkan makanan dari celah-celah pada permukaan lidah banyak orang melakukannya dengan cara berkumur.

Sebenarnya cara berkumur tidak membersihkan kotoran di seluruh permukaan lidah sebab bentuk lidah seperti bukit lembah. Cara yang tepat untuk membersihkan lidah dengan mengerok lidah menggunakan sikat gigi dipermukaan lidah.

Batasi Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Orang yang sering mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung gula lebih gampang terserang bakteri yang ada pada gigi. Gula mengandung karbohidrat sederhana yang sangat disukai bakteri atau kuman.

Usahakan menyikat gigi apabila Anda terpaksa mengkonsumsi makanan yang mengandung gula agar zat gula yang ada di dalam makanan tersebut tidak menempel terlalu lama di gigi.

Baca juga : Cara Agar Ketiak Selalu Terlihat Putih

Hindari Pemakian Tusuk Gigi

Salah satu cara agar gigi Anda selalu terawat dan bersih yaitu hindari pemakaian tusuk gigi sehabis menikmati makanan. Saat ini kebanyakan orang memakai tusuk gigi untuk mengambil sisa-sisa makanan yang ada di celah-celah gigi.

Bila hal ini sering Anda lakukan akan mengakibatkan gigi Anda rusak. Dibandingkan menggunakan tusuk gigi lebih baik Anda menggunakan dental floss untuk mengeluarkan sisa makanan yang ada di celah gigi karena lebih aman untuk gigi dan gusi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like