Tips Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Stretch mark pada seorang wanita tentunya sangat mengganggu, karena akan membuat penampilan menjadi tidak sempurna. Stretch mark merupakan suatu guratan kulit seperti pola yang memanjang dan tidak beraturan, garis-garis tersebut bervariasi panjangnya mulai dari milimeter sampai sentimeter.

Warna stretch mark tergantung pada warna kulit. Stretch mark timbul karena peregangan lama pada kulit yang menyebabkan rusaknya kolagen dan elastin pada kulit. Pada umumnya stretch mark terdapat di bagian kulit seperti perut, payudara, paha, bokong, dan lengan atas. Munculnya stretch mark juga dipengaruhi oleh faktor nutrisi, keturunan, kondisi lingkungan serta makanan yang dikonsumsi.

Tahukah Anda siapa saja yang berpotensi memiliki stretch mark?

Orang yang mengalami peregangan kulit khususnya ibu hamil bisa terkena stretch mark. Orang yang mengalami perubahan berat badan yaitu kenaikan atau penurunan yang cepat dapat meregangkan kulit, dan menyebabkan stretch mark. Depresi juga dapat menimbulkan stretch mark pada kulit.

Selama masa pubertas, ada peningkatan lemak dan luas permukaan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas hormon pertumbuhan. Contohnya jika terjadi gatal pada kulit saat menstruasi seharusnya jangan digaruk, karena akan dapat menimbulkan stretch mark. Peregangan kulit yang terjadi karena pembesaran ukuran otot juga memicu stretch mark.

Baca juga : Pilihan Makanan Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Bagi Anda yang memiliki stretch mark jangan khawatir, banyak cara menghilangkan stretch mark secara alami yang bisa Anda lakukan, caranya yaitu sebagai berikut :

Masker Wortel

Cara menghilangkan stretch mark secara alami menggunakan masker wortel yaitu rebus wortel hingga agak lunak. Kemudian blender atau hancurkan. Tempelkan pada kulit yang terkena stretch mark.

Jeruk Lemon

Jeruk lemon dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan stretch mark. Caranya yaitu tempelkan atau oleskan irisan lemon ke stretch mark yang ada di kulit Anda. Jeruk lemon dapat mengangkat sel kulit mati dan setelah itu stretch mark akan hilang.

Minyak Almond

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dengan minyak almond yaitu oleskan ke stretch mark secara merata dan rutin.

Anggur

Anggur cukup efektif dalam menghilangkan stretch mark, selain itu anggur juga bermanfaat untuk melembutkan kulit. Caranya hancurkan anggur dan balurkan ke bagian yang terkena stretch mark selama kurang lebih setengah jam.

Lidah Buaya

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dengan lidah buaya yaitu dapat dijadikan sebagai masker. Untuk hasil yang maksimal gunakan dua kali sehari.

Minyak Lavender

Selain untuk mengusir nyamuk, minyak lavender juga dapat menghilangkan stretch mark secara alami. Oleskan minyak lavender ke stretch mark dan dibarengi dengan pijatan yang lembut.

Ampas Kopi

Gunakan ampas kopi yang masih hangat untuk menghilangkan stretch mark. Cara menghilangkan stretch mark secara alami ini dipercaya ampuh untuk memudarkan stretch mark yang ada. Caranya dengan menggosokkan ampas kopi tadi secara teratur pada area stretch mark.

Baca juga : 6 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami, Mudah dan Cepat

Air Garam

Cara menghilangkan stretch mark secara alami ini bisa dilakukan dengan merendamkan tubuh dalam air garam sebelum mandi kurang lebih 10 menit.

Minyak Cendana dan Minyak Zaitun

Melakukan perawatan setelah melahirkan untuk menghilangkan stretch mark perlu dilakukan. Caranya menggunakan minyak cendana atau minyak zaitun untuk meningkatkan kelembaban pada kulit.

Pertahankan Kelembaban Kulit

Caranya yaitu oleskan lotion atau krim anti stretch mark pada awal kehamilan untuk mencegah timbulnya stretch mark.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Cara ini dapat membantu menghindarkan kita dari stretch mark. Caranya konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark secara alami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like