Usia Berapa Bayi Boleh Dipijat?

Memberikan manfaat pijatan kepada bayi untuk merangsang hormon, membantu tumbuh kembang bayi, serta memberikan kedekatan kepada ibu, ayah ataupun keluarga yang lain dengan proses pemijatan bisa dilakukan pada usia tertentu.

Walau demikian, sebenarnya bayi juga sudah bisa dipijat bahkan pada saat mereka baru lahir. Namun, proses pemijatan tersebut tidak dilakukan dengan cara yang memberikan tekanan melainkan hanya dengan memberikan usapan-usapan lembut dan halus.

Siapa Yang Boleh Memijat Bayi?

Pemijatan untuk bayi, bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu, ayah, nenek, atau keluarga yang lain. Tetapi, sang ibulah yang paling disarankan untuk memijat bayinya untuk memperkuat hubungan antara keduanya. Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat beberapa syarat tertentu yang harus dimiliki oleh mereka yang akan memijat bayi.

Baca juga : Manfaat Pijat Untuk Bayi

Diantara beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain, mengerti teknik pemijatan pada bayi, mengetahui waktu yang tepat untuk memijat bayi, mengetahui manfaat dari pijat yang diberikan kepada bayi, memijat dengan tangan yang bersih, dan juga mengetahui hal-hal yang dilarang dalam pemijatan kepada bayi.

Usia Bayi Yang Boleh Dipijat

Banyak ibu yang sering bertanya, pada usia berapa sebenarnya bayi boleh dipijat? Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, pemijatan tentu saja tidak boleh di lakukan secara sembarangan dan juga tidak boleh memberikan pijatan tertentu di usia tertentu.

Berikut adalah batasan usia dan juga gerakan pijatan yang boleh diberikan kepada bayi.

• Bayi umur 0 – 1 bulan

Pemijatan pada bayi yang berusia dibawah 1 bulan diantaranya adalah gerakan-gerakan mengusap secara halus. Hindari pemijatan di area perut karena area tersebut masih cukup rentan terlebih jika tali pusat buah hati Anda belum lepas.

• Bayi usia 1 – 3 bulan

Pada usia ini, bayi dipijat dengan teknik yang hampir sama dengan bayi di bawah usia 1 bulan. Gerakan memijat secara halus dan lembut serta gerakan-gerakan ringan bisa dilakukan namun dengan durasi yang tidak terlalu lama. Anda bisa memberikan pijatan misalnya selama 5 menit setiap hari.

• Bayi umur 3 bulan hingga 1 tahun

Pada saat bayi sudah berusia di atas 3 bulan, biasanya tubuh bayi sudah meningkat cukup pesat dan tulangnya sudah mulai menguat. Gerakan-gerakan tekanan yang tidak terlalu keras sudah boleh diberikan pada bayi di atas 3 bulan.

Bayi di atas 3 bulan dan di bawah 1 tahun bisa diberikan pemijatan selama kurang lebih 15 menit dengan memberikan beberapa minyak yang bisa membantu proses pemijatan seperti lotion atau baby oil. Namun pastikan bahwa hal tersebut tidak menyebabkan bayi iritasi atau alergi.

Baca juga : Tips Ampuh Membentuk Perilaku Positif Anak

• Bayi di atas 1 tahun hingga 3 tahun

Bayi yang sudah berusia 1 tahun biasanya sudah berjalan atau dalam proses belajar untuk berjalan. Tulang-tulang yang ia miliki sudah cukup kuat dan Anda bisa memberikan pijatan-pijatan lembut dan sesekali memberikan pijatan bertenaga yang mengarahkan darah ke jantung. Pada usia ini gerakan-gerakan seperti meremas, sudah boleh Anda lakukan.

Tata Cara Memijat Bayi Yang Baik

Pemijatan pada bayi sangat dianjurkan untuk memulainya dari bawah yaitu dari posisi kaki. Memberikan pijatan pada bagian kaki untuk pertama kalinya dapat memberikan kesempatan kepada bayi untuk membiasakan diri sebelum Anda menyentuh ke bagian-bagian yang lainnya.

Setelah itu Anda bisa mulai bergerak ke area perut, dada, tangan, muka dan diakhiri dengan daerah punggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak…